Get Free Music at www.divine-music.info
Get

Free Music at divine-music.info

Jumat, 05 Oktober 2012

CARA PENYAJIAN ALGORITMA DAN FLOWCHART


Nama               :LEVI APRILIA
Kelas               :12.1D.13
NIM                :12127164
Mata kuliah     :Logika & Algoritma
Tugas               :Artikel
Tema               :CARA PENYAJIAN ALGORITMA DAN FLOWCHART




Flowchart adalah bagan-bagan atau gambaran untuk memperlihatkan urutan langlah-langkahpenyelesaian suatu masalah dalam suatu program. Flowchart merupakan langkah awal untuk membuar suatu program. Dengan ada flowchart urutan langkah-langkah suatu proses kegiatan menjadi lebih jelas. Setelah flowchart selesai di susun, langkah selanjutnya seorang programmer menterjemahkannya ke dalam bentuk program dengan bahasa pemrograman.

Tujuan Membuat Flowchat :
·         -  Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah
·         -Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas
·        -  Menggunakan simbol-simbol standar

Penulisan dalam  Flowchart :
·         System Flowchart
System Flowchart merupakan bagan yang memperhatikan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data.
            Selain itu juga system flowchart menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output, dan tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah, system flowchart hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.
·         Simbol-simbolflowchart :



Flowchart terdiridari 3 struktur:
1). Stuktur squence / Struktur sederhana
Struktur Sequencing terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya
Contoh:
Pseudocode:
1.      Masukanjumlahbeli (JB)
2.      Msukanhargasatuan (HS)
3.      Hitung total bayar
     (totalbayar=jmlbeli*hargasatuan)

                  4.  Cetakluas




2. Struktur Branching/ Percabangan
Pada struktur Branching, program akan berpindah urutan pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi.

contoh:



3. Stuktur Looping
Flowchart dengan struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh:








0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management